SHARE
Facebook
Twitter
foto: istimewa

Jakarta, geoenergi –  Pemerintah akan membagikan konverter kit gratis kepada nelayan. Tujuannya tak lain untuk memangkas biaya bahan bakar dan bagian dari Program Konversi BBM ke Gas. Untuk itulah, pada tahun 2017, direncanakan akan dibagikan 10.000 unit konverter kit untuk nelayan. Jumlah pembagian itu meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 5.000 unit.

Menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja, akan dibagikan ke beberapa daerah, seperti Nusa Tenggara, Sumatera, dan Kalimantan. Konverter kit tersebut merupakan hasil produksi dalam negeri. “Konverter kit bikinan dalam negeri. Ini kita anggarkan untuk nelayan yang jumlahnya lebih banyak lagi sekitar 10.000 untuk tahun 2017. Kita akan bagikan untuk nelayan yang ada di Nusa Tenggara. Sumatera, dan Kalimantan,” ujarnya.

Mengenai pembagian 5.000 unit konverter kit bagi nelayan yang dibagikan tahun ini, Wirat menambahkan, saat ini dalam tahap persiapan pelaksanaan karena pemenang lelangnya sudah ada. Konverter kit akan dibagikan untuk nelayan di daerah Pantai Utara Jawa, Pantai Selatan Jawa dan Bali.

Konverter kit akan diberikan kepada nelayan-nelayan kecil yang kapasitas kapalnya kurang dari 5 GT. Pemanfaatan gas sebagai bahan bakar membawa banyak keuntungan bagi nelayan, antara lain meningkatnya penghasilan seiring menurunnya pengeluatan untuk konsumsi bahan bakar, ketersediaannya lebih terjamin ketimbang Solar dan ramah lingkungan. (Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY