SHARE
Facebook
Twitter
foto: humas

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menghadiri Coffee Morning Peringatan Hari Listrik Nasional ke-71 di Kantor Kementerian ESDM, yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Kamis (27/10).

Ketua Harian MKI Supangkat Iwan Santoso menuturkan Catur Cita Ketenagalistrikan, yang terdiri dari kecukupan, kompetitif, berkelanjutan, dan merata menuju Indonesia Terang. “Catur cita ini bagian dari nawacita,” ujar Supangkat.

Sementara itu menurut Jonan dari keempat cita-cita kelistrikan nasional itu yang terpenting adalah pemerataan. “Saat ini rasio elektrifikasi mencapai 89,53%, ukurannya adalah sambungan rumah, tetapi belum termasuk fasilitas umum, jalan raya, dan sebagainya. Semangat pemerintah ini, pemerataan itu merupakan keharusan, maka dari itu harus liat geografisnya, bukan bisnis. Untuk wilayah timur dan provinsi yang berbentuk kepulauan, sebaiknya off grid,” tutur Jonan.

Dan mengenai perizinan menurut Jonan harus dipercepat. “Saya janji perizinan dipercepat, tetapi juga jangan hanya cepat di satu tempat. Tolong jangan terlalu lama,” kata Jonan. (Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY