SHARE
Facebook
Twitter
foto: istimewa

Jakarta, www.geoenergi.co.id – WWF menganugerahkan penghargaan “Leaders for a Living Planet Award“ kepada Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Leaders for a Living Planet Award diberikan kepada individu-individu di dunia yang berkontribusi signifikan terhadap pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan.

Penghargaan tersebut diserahkan di Washington DC oleh Presiden WWF Internasional, Yolanda Kakabadse, bersamaan dengan berlangsungnya “Our Ocean Conference” yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

“Ibu Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini untuk memberantas praktek perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan. Beliau adalah tokoh yang berjuang untuk melindungi kesehatan laut Indonesia.”

Selama karirnya, Ibu Susi telah menerbitkan kebijakan-kebijakan untuk melindungi kesehatan laut, termasuk meratifikasi Port State Measures Agreement, memperkenalkan ukuran tangkap minimum untuk beberapa biota, melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang merusak lingkungan, menetapkan kawasan konservasi perairan, dan mendorong perlindungan spesies laut.

Indonesia, dengan potensi sektor perikanan yang berlimpah, saat ini menjadi negara penghasil penghasil perikanan tangkap dan budi daya terbesar kedua di dunia (FAO, 2016). Namun, kerugian negara akibat praktik pencurian ikan ilegal mencapai US$ 20 miliar per tahun (World Bank, 2015).

“Ibu Susi Pudjiastuti telah menunjukkan ketegasan dan konsistensi dalam memberantas praktek perikanan yang tidak sah, tidak dilaporkan dan tidak diatur (Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing) untuk menjaga sumber daya laut di Indonesia. Sebagai negara maritim, aset sektor kelautan Indonesia harus dilindungi dan dikelola secara efektif demi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian planet bumi. WWF berharap Ibu Susi melanjutkan terobosan untuk memperbaiki pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dengan memperluas kawasan konservasi perairan yang berkontribusi pada pemenuhan komitmen Indonesia terhadap Target Aichi,” ujar Direktur Program Coral Triangle dari WWF-Indonesia Wawan Ridwan.

Sejak tahun 2000, sudah lebih dari 100 individu telah menerima WWF Leaders for a Living Planet Award atas beragam inisiatif yang mereka lakukan, termasuk di dalamnya gerakan lokal untuk melindungi satwa, hingga memimpin berbagai upaya pemerintah untuk mencapai tujuan-tujuan konservasi. Dalam daftar penerima penghargaan tersebut dalam beberapa tahun terakhir di antaranya mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, Perdana Menteri China dan Menteri Bidang Pengairan Perancis, Togo dan Benin.

Penerima penghargaan “Leaders for a Living Planet Award“ merupakan sosok yang menginspirasi kepemimpinan dan tanggung jawab pribadi bagi konservasi alam. Aksi mereka memberikan kontribusi penting pada capaian terhadap prioritas tujuan konservasi global WWF. Bila digabungkan, dilipatgandakan dan diperbesar, upaya-upaya mereka mampu memberikan kontribusi yaang besar bagi penyelamatan kondisi bumi tempat kita hidup.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY