SHARE
Facebook
Twitter
ilustrasi: istimewa

Yogyakarta, www.geoenergi.co.id – Career Days UGM ke-20 resmi dibuka. Hal ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Paripurna, Dekan Fakultas Teknik UGM Panut Mulyono, Manajer Senior Rekruitmen dan Seleksi PLN Andri Yunaldi, Deputi Menteri PPN atau Kepala Bappenas Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Rahma Irianti, dan Ketua ECC (Engineering Career Center) Nurhadi. pada Sabtu (27/8).

Pembukaan acara yang berlangsung di Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta ini turut dihadiri oleh para wakil perusahaan yang berpartisipasi di Career Days UGM Ke-20.

Pada kesempatan ini, PLN kembali membuka rekrutmen umum untuk jenjang S2, S1, D-IV dan D-III jurusan teknik maupun non teknik. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaring tenaga kerja muda yang handal, baik secara hard skill maupun soft skill.

Saat ini PLN memang sedang membuka rekrutmen besar-besaran. Sebelumnya PLN membuka rekrutmen di Career Days UGM ke-19 dan Polban Career Expo. Di Polban sendiri, PLN sukses menarik minat 3.871 pencari kerja.

“Mungkin yang jadi pertanyaan adalah PLN ini butuh tenaga kerja berapa, sih? Karena selalu hadir di setiap job fair. Saat ini kami memang sedang mempersiapkan tenaga kerja muda yang akan dilatih untuk mendukung percepatan pembangunan ketenagalistrikan di indonesia”, jelas Andri.

Dalam sambutannya, Andri menambahkan bahwa seleksi pegawai baru cukup ketat. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pegawai yang tidak hanya cerdas tapi juga memiliki soft skill yang baik.
“Yang dicari oleh perusahaan bukan saja yang cerdas secara intelektual tapi juga punya cara berkomunikasi yang baik dan team work yang baik. Hal ini tidak hanya didapatkan dari bangku kuliah sa %ja tapi juga dari organisasi,” tambah Andri.

Selain itu, kesehatan yang baik juga menjadi perhatian PLN. “Dari hasil rekrutmen yang sudah-sudah, 45 sampai 50 persen pelamar kerja di PLN gugur di tahap medical check up atau tes kesehatan. Hal itu disebabkan dari pola hidup dan perilaku, seperti makanan dan olahraga. Nah, ini juga perlu kita edukasi sedini mungkin sehingga kita dapatkan tenaga kerja muda yang sehat secara fisik,” ungkap Andri.

Rekrutmen umum PLN pada job fair kali ini dibuka untuk 18 jurusan, dimana untuk jenjang S2 ada 11 jurusan, jenjang S1 dan D-IV ada tiga jurusan dan untuk jenjang D-III ada empat jurusan. Pelamar dapat mendaftar dengan dua cara yaitu melalui pendaftaran online dan pendaftaran pada saat acara berlangsung. Pelamar yang mendaftar secara online tetap diminta hadir pada saat acara untuk memverifikasi berkas. Sedikitnya ada 4.691 pelamar PLN yang mendaftar online Career Days UGM ke-20.

Melalui job fair ini, PLN berharap bisa menjaring tenaga kerja terbaik untuk mengisi pagu rekrutmen tahun 2016 yang sebanyak 5.558 pegawai. Pengumuman dan informasi rekrutmen lebih lanjut dapat dilihat di www.pln.co.id. Pendaftaran Career Days UGM ke-20 dibuka secara online. (Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY