SHARE
Facebook
Twitter
foto: CS

Jakarta — Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) mengadakan Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah yang diluncurkan di Balai Kartini, Jakarta, Senin (29/08). Acara peluncuran dihadiri oleh Direktur Konservasi Energi, Farida Zed dan perwakilan Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta dan perwakilan sekolah-sekolah.

“Perilaku hemat merupakan kewajiban bersama seluruh masyarakat. Saat ini kita masih tergolong boros dalam menggunakan energi. Konsumsi energi kita masih cukup tinggi. Karenanya perubahan perilaku menjadi penting,” kata Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE, Farida Zed, dalam sambutan saat meresmikan lomba hemat energi.

Peserta Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah adalah siswa menengah pertama dan menengah atas (SMP dan SMA) dan diharapkan kegiatan ini dapat mengubah perilaku dan dapat menerapkan upaya-upaya konservasi energi di lingkungan rumah dan sekolahnya sehingga terbentuk budaya hemat energi.

Pada tahun 2016 ini, Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah dilaksanakan di empat kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Pelaksanaan lomba di Jabodetabek diikuti oleh 30 sekolah, di Kota Bandung diikuti oleh 20 sekolah, Kota Surabaya 20 sekolah, dan Kota Denpasar sebanyak 20 Sekolah.

Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah akan berlangsung selama tiga bulan. Mengawali rangkaian acara, telah dilakukan pembekalan berupa (Training of Trainer) tentang langkah-langkah penghematan energi bagi pada guru sebagai manajer energi. Selama periode lomba, para guru dan siswa ditantang untuk berkreasi dan berinovasi untuk menerapkan perilaku hemat energi baik di rumah maupun di sekolah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY